-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KOOPS TNI HABEMA Berhasil Atasi dan Tembak Anggota OPM Teror Distrik Sinak

6/05/2024 | 6/05/2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-05T13:48:42Z


PAPUA – Gangguan Organisasi Papua Merdeka (OPM) terhadap Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah, pada akhir Mei yang lalu, telah berhasil diatasi oleh Pasukan Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) HABEMA. Tidak puas dengan kondisi tersebut, pada awal Juni, tepatnya tanggal 3 Juni 2024, OPM kembali melancarkan aksinya, dan kali ini diarahkan ke wilayah Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, yang masih berada di Provinsi Papua Tengah.

Kelompok OPM pimpinan Kalenak Murib mengawali aksi gangguannya dengan cara menekan warga dan meneror keamanan wilayah Distrik Sinak, tepatnya di area Pasar Sinak. Saat melancarkan aksinya, salah satu anggota OPM bersenjata yang diketahui bernama Dombol Murib (adik Kalenak Murib) kerap memaksa dan meminta makanan serta uang warga setempat, bahkan menganiaya masyarakat bila tidak dituruti keinginannya.

Ketika melihat kelompok OPM Dombol Murib mendekati area Pasar Sinak, warga panik dan lari melaporkannya kepada Aparat Keamanan setempat. Pasukan KOOPS HABEMA yang berada relatif dekat dengan area tersebut, tengah melaksanakan pengamanan pembangunan Pos Gabungan oleh Satuan Faskon Mabes TNI. Menindaklanjuti laporan warga, maka dengan sigap, Pasukan KOOPS HABEMA langsung bergerak menuju area Pasar Sinak, guna menyelamatkan warga setempat yang sangat panik dan lari ketakutan akibat ulah OPM tersebut.

Kelompok OPM Dombol Murib yang melihat pergerakan Pasukan KOOPS HABEMA, langsung berusaha menghadang dengan tembakan senjata ke arah para prajurit TNI. Menghadapi tembakan OPM, Pasukan KOOPS HABEMA terus bergerak mendekati lokasi Pasar Sinak, dan bahkan melanjutkan pengejaran terhadap kelompok OPM yang terus mengeluarkan tembakan. 

Tindakan taktis militer dilakukan oleh Pasukan KOOPS HABEMA guna memastikan arah datangnya tembakan. Dari pantauan pasukan TNI, terlihat dua orang OPM yang membawa senjata beserta beberapa anggota OPM di dekatnya. Berdasarkan pantauan tersebut, Pasukan KOOPS HABEMA mengarahkan tembakan terbidik ke arah anggota OPM yang membawa senjata dan berhasil mengenai sasaran. Pasca penembakan, terpantau bahwa kelompok OPM kabur melarikan diri melalui aliran sungai menuju ke Kampung Nigilome, serta membawa pergi rekannya yang tertembak.

"Pasukan KOOPS HABEMA yang berhasil menindak Kelompok OPM pimpinan Kalenak Murib di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, telah menunjukkan upaya menciptakan keamanan wilayah guna mendukung percepatan pembangunan Papua," ucap Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon pasca operasi dilancarkan dalam keterangan yang diterima media ini, Rabu (05/06/2024).

×
Berita Terbaru Update