Jakarta – Dalam rangka memastikan kesiapan layanan dan keamanan menjelang masa libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), Brigjen Pol Fadillah Zulkarnaen, S.I.K., dari Korsabhara Baharkam Polri, telah melaksanakan pengecekan langsung di dua stasiun utama di wilayah Jakarta pada Selasa, 9 Desember 2025.
Didampingi satu personel, pengecekan ini menyasar Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, untuk memantau langsung sarana pelayanan publik dan koordinasi keamanan.
Pada kunjungan pertama di Stasiun Gambir, yang dimulai pukul 11.15 WIB, Brigjen Pol Fadillah diterima oleh Wakil Stasiun, Raja Husein Harahap.
Raja Husein mengatakan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Stasiun Gambir terpantau aman terkendali dengan nihilnya kejadian menonjol.
"Pada hari biasa, jumlah penumpang bisa mencapai 12.000 orang. Namun, saat libur Natal dan Tahun Baru, kami prediksi jumlah penumpang akan melonjak hingga 16.000 orang," ujar Raja Husein.
Pihak stasiun juga telah melakukan penambahan jadwal keberangkatan. Jam operasional keberangkatan terakhir diperpanjang dari pukul 22.00 WIB menjadi pukul 00.10 WIB untuk mengakomodasi lonjakan penumpang.
Untuk menjamin keamanan, Stasiun Gambir diperkuat dengan 4 personel Polsuska, 44 personel Security, dan 3 personel Pos Polisi.
Pengecekan dilanjutkan ke Stasiun Pasar Senen pada pukul 12.00 WIB dan diterima oleh Kepala Stasiun, Leno.
Di Stasiun Pasar Senen, situasi Kamtibmas di kawasan dalam stasiun juga dilaporkan aman terkendali dan nihil kejadian menonjol. Namun, Kepala Stasiun Leno menyoroti bahwa banyak kejadian kriminal yang terjadi di luar kawasan stasiun yang kemudian dilaporkan kepada pihak keamanan stasiun.
PT KAI telah mengantisipasi peningkatan ini dengan menambah jadwal keberangkatan, dari yang biasanya 34 keberangkatan menjadi 41 keberangkatan selama periode Nataru.
Leno juga menekankan penggunaan teknologi dalam pelayanan publik.
Pemesanan tiket kini menggunakan aplikasi KAI Access untuk mempermudah transaksi dan mengurangi penumpukan antrean di loket.
PT KAI telah menerapkan teknologi face recognition untuk identifikasi penumpang, meningkatkan efisiensi proses boarding.
Selain itu, kesiapan kesehatan diperkuat dengan penambahan Posko Kesehatan Gabungan dari PMI, Puskesmas, dan pihak kecamatan setempat selama Nataru.
Kekuatan personel keamanan di Stasiun Pasar Senen terdiri dari 6 personel Polsuska, 48 personel Security, dan 1 personel Pos Polisi.
Hasil kegiatan ini telah dilaporkan kepada Kakorsabhara Baharkam Polri sebagai bentuk kesiapan Polri dalam mengamankan dan menjamin kelancaran arus penumpang pada masa libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026. (***)
