-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Livery Jumbo Meluncur di Rel, Kementerian Ekraf Dukung IP Lokal Tembus Ruang Publik

Jumat, Juli 11, 2025 | Juli 11, 2025 WIB | 0 Views Last Updated 2025-07-11T09:41:16Z
Livery Jumbo Meluncur di Rel, Kementerian Ekraf Dukung IP Lokal Tembus Ruang Publik

Jakarta, 11 Juli 2025 - Kementerian Ekonomi Kreatif (Kementerian Ekraf) mendukung kolaborasi PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero dan Visinema melalui livery Jumbo di kereta api jarak jauh. Kolaborasi ini menandai komitmen nyata pemerintah dalam mendukung Intellectual Property (IP) lokal sebagai salah satu penggerak ekonomi kreatif di ruang publik.


“Menampilkan karakter Jumbo dalam livery kereta bukan hanya langkah kreatif, tapi juga bukti nyata bagaimana kolaborasi hexahelix dapat mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis ide dan inovasi, dalam hal ini antara pemerintah bersama pelaku usaha, komunitas, dan media,” ujar Direktur Fasilitas Infrastruktur Kementerian Ekraf Fahmi Akmal dalam sambutannya saat peluncuran kolaborasi tersebut di Stasiun Gambir, Jakarta pada Jumat, 11 Juli 2025.


Livery karakter Jumbo akan hadir di dua kereta andalan KAI yaitu Argo Bromo Anggrek dan Argo Dwipangga. Penumpang dapat menikmati instalasi visual di dalam gerbong serta mengumpulkan stempel di 10 kota lewat buku edisi Jumbo sebagai bagian dari pengalaman perjalanan. Karakter Jumbo yang kini hadir dalam livery kereta jarak jauh itu menjadi wujud nyata strategi untuk memperluas jangkauan karya anak bangsa, sekaligus membuka panggung baru bagi pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia.


Film Jumbo yang tercatat sebagai film animasi terlaris di Asia Tenggara merupakan karya anak bangsa yang fenomenal. Kementerian Ekraf turut mendukung pemasarannya menjelang peluncuran, sekaligus menjembatani kolaborasi antar subsektor ekonomi kreatif.


Dukungan ini selaras dengan upaya berkelanjutan pemerintah dalam memperkuat sektor film, animasi, dan video melalui pengembangan talenta kreatif. Langkah ini memperluas jangkauan IP lokal di tengah masyarakat.


Di tempat yang sama, Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa menyebut kolaborasi ini sebagai bentuk nyata dukungan KAI terhadap penguatan ekosistem ekonomi kreatif nasional. Sedangkan Presiden Kids & Family Visinema Anggia Kharisma menambahkan bahwa inisiatif bersama ini mencerminkan kepercayaan terhadap kekuatan cerita lokal yang bisa tumbuh dan memeluk hati banyak orang.


“Kereta api bukan hanya alat transportasi, tapi juga media ekspresi yang menjangkau jutaan pasang mata setiap hari. Kami percaya kereta adalah panggung efektif untuk memperkenalkan IP lokal kepada masyarakat luas,” kata Hadis.


“Kami percaya masa depan film Indonesia bukan hanya soal banyaknya layar, tapi bagaimana cerita bisa hadir di ruang-ruang yang bermakna. Jumbo hadir bukan hanya sebagai tontonan, tapi juga teman perjalanan—sebuah bukti bahwa kekuatan narasi lokal bisa hidup di ruang-ruang publik dan menginspirasi,” imbuh Anggia.


Kementerian Ekraf menegaskan bahwa kehadiran IP lokal dalam media bergerak seperti kereta api merupakan inovasi medium promosi yang memperluas ruang ekspresi kreatif di kehidupan sehari-hari masyarakat. Ini adalah bagian dari visi besar menjadikan ekonomi kreatif sebagai the new engine of growth Indonesia dengan membuka ruang sebesar-besarnya bagi IP lokal untuk berkembang secara berkelanjutan dan membangun ekosistem ekonomi kreatif berbasis IP yang lebih kuat.


Kolaborasi KAI x Jumbo diresmikan bersamaan dengan momentum liburan sekolah dan akan hadir di 10 stasiun utama di Indonesia, dari Gambir hingga Surabaya, sebagai bagian dari kampanye nasional penguatan ekonomi kreatif berbasis karakter lokal.


Turut hadir dalam peluncuran ini Direktur Penerbitan dan Fotografi Kementerian Ekraf Iman Santosa serta Ryan Adriandhy selaku Sutradara Film Jumbo.

×
Berita Terbaru Update