-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Kompetensi, Disnaker Cilegon Gelar Bimbingan Bagi 150 Pencari Kerja

6/05/2024 | 6/05/2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-05T13:16:57Z


CILEGON - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon mengadakan kegiatan Penyuluhan Bimbingan Jabatan Bagi Pencari Kerja di Aula Dinas Komunikasi, Informasi, Sandi dan Statistik (Diskominfo) Kota Cilegon, Rabu 5 Juni 2024. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan para pencari kerja. 

Kepala Disnaker Kota Cilegon Panca N Widodo menegaskan bahwa kegiatan bimbingan tersebut bertujuan untuk membekali anak-anak Kota Cilegon yang sedang mencari kerja. "Kegiatan ini (Bimbingan Pencari Kerja-red) bertujuan untuk membekali anak-anak Cilegon agar mendapatkan persyaratan perekrutan yang benar, bagaimana membuat CV (Curiculum Vitae) yang baik, bagaimana wawancara yang benar, dan hal-hal lainnya yang harus dipersiapkan oleh para pencari kerja," kata Panca pada Rabu, 5 Juni 2024. 

Menurut Panca, pada event tersebut pihaknya melibatkan industri PT Lotte Chemical Indonesia sebagai narasumber. "Narasumber pada penyuluhan ini kita hadirkan dari industri yaitu dari PT Lotte Chemical. Jadi, benar-benar orang profesional, kebetulan di Lotte juga mau ada rekrutmen tenaga kerja. Kita berupaya melakukan pendekatan untuk membekali anak-anak Cilegon yang ingin mendaftar kerja dimanapun, sehingga ada pembekalan untuk anak-anak Cilegon," tuturnya. 

Senada disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Cilegon Hidayatullah yang menjelaskan bahwa kegiatan tersebut digelar untuk memberikan pembekalan kepada para pencari kerja dalam rangka mengikuti seleksi rekrutmen di perusahaan. "Kegiatan ini untuk membekali pencari kerja Cilegon dalam rangka mengikuti seleksi rekrutmen di perusahaan. Alhamdulillah untuk penyuluhan kali ini kita bekerja sama dengan Lotte, terlebih Lotte sedang melakukan tahap lanjutan proses seleksi, makanya kami minta, agar Lotte bisa memberikan pembekalan apa yang harus disiapkan, baik meliputi apa saja yang biasa ditanya dan disiapkan menghadapi sesi wawancara, interview, persiapan tes, curriculum vitae, attitude, soft skill agar pencari kerja memiliki kesiapan dan keterampilan ini untuk melamar pekerjaan di Lotte maupun di perusahaan lainnya," jelasnya. 

Dayat menerangkan, masyarakat pencari kerja terkadang mengabaikan beberapa hal yang sebenarnya harus diperhatikan saat melamar pekerjaan. "Jadi terkadang kita kurang persiapan, seperti membuat CV yang asal, terkait bagaimana cara berpakaian, bicara, etika dan sebagainya yang mempengaruhi saat proses seleksi tapi terkadang kita remehkan, untuk itu kami harap, setelah ini peserta bisa mengaplikasikannya nanti saat mencari pekerjaan," terangnya. 

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian disela kesibukannya menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI di Balikpapan memberikan arahan secara langsung kepada para peseta melalui sambungan zoom. "Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi penting. Hal ini menjadi perhatian dalam pemerintahan kami (Pemkot Cilegon-red). Kami menyiapkan SDM dengan memberikan bantuan beasiswa full sarjana kepada 5000 mahasiswa selama 8 semester, sehingga akan menciptakan lulusan-lulusan Sarjana yang siap bersaing dalam dunia kerja. Hari ini kita adakan bimbingan jabatan bagi pencari kerja, karena teknik dalam wawancara kerja menjadi penting untuk kita bisa diterima di tempat kerja," katanya. 

Diketahui, Kegiatan Bimbingan dan Pembekalan tersebut diikuti 150 peserta. Dari jumlah itu, sebanyak 140 diantaranya merupakan para pencari kerja yang lolos seleksi administrasi, dari total 645 orang yang mendaftar pada rekrutmen tenaga kerja di PT Lotte Chemical Indonesia. Sementara 10 peserta lainnya merupakan peserta umum. (*)

×
Berita Terbaru Update