-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kota Cilegon Raih Peringkat Tiga Fiskal Kuat di Rakernas APEKSI

6/04/2024 | 6/04/2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-05T12:57:30Z


Balikpapan - Dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-17 yang digelar di Kota Balikpapan pada Selasa, 4 Juni 2024, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengumumkan Kota Cilegon berhasil menempati peringkat ketiga untuk kategori Fiskal Kuat. 

Menteri Tito menjelaskan pengelompokan daerah berdasarkan kapasitas fiskal mereka. "Kemendagri mengelompokkan daerah pada tiga kategori fiskal: kuat, sedang, dan lemah. Daerah dengan fiskal kuat memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang jauh lebih besar dibandingkan dengan dana pusat. Fiskal sedang ditandai dengan PAD yang seimbang dengan dana pusat, sementara fiskal lemah memiliki PAD rendah dan sangat bergantung pada dana pusat," paparnya. 

Lebih lanjut, Tito menjelaskan bahwa daerah dengan PAD kuat biasanya memiliki inovasi dan kreativitas yang tinggi. "Daerah dengan PAD kuat, seperti Kota Semarang, Kota Surabaya, dan Kota Cilegon, memiliki kemampuan untuk meluncurkan berbagai program kreatif karena memiliki dukungan finansial yang memadai. Sebaliknya, daerah yang sangat bergantung pada pemerintah pusat seringkali menghabiskan PAD-nya untuk belanja pegawai dan tenaga honorer," tambahnya. 

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian ini. "Alhamdulillah, kabar baik ini menunjukkan bahwa Kota Cilegon berada di peringkat ketiga setelah Semarang dan Surabaya dalam kategori Fiskal Kuat. Ini menandakan bahwa keuangan kita sudah dalam kondisi yang baik. Dari kota-kota se-Indonesia, masuk tiga besar adalah pencapaian yang luar biasa," ungkapnya. 

Helldy juga berharap dengan peringkat ketiga ini, Kota Cilegon dapat terus berinovasi dan berkreasi. "Harapan kami, Kota Cilegon mampu lebih berkreasi, berkreativitas, dan meningkatkan inovasi sebagaimana yang disampaikan oleh Pak Presiden dan Pak Kemendagri," ujarnya. 

Peringkat yang diraih oleh Kota Cilegon ini menjadi bukti keberhasilan pemerintah kota dalam mengelola keuangan daerah dengan baik serta mendorong pertumbuhan ekonomi melalui berbagai inovasi dan kreativitas.

×
Berita Terbaru Update