-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Polres Cilegon Polda Banten Laksanakan Apel Gelar Pasukan dalam Rangka Kesiapsiagaan Bencana Alam

5/28/2024 | 5/28/2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-29T01:37:01Z


Cilegon - Pada Selasa 28 Mei 2024 pukul 16.00 Wib di Jl. Jendral Sudirman Kecamatan Purwakarta Kota Cilegon Depan Mapolres cilegon dilaksanakan kegiatan apel gelar Pasukan dalam rangka kesiapsiagaan bencana alam Kota Cilegon tahun 2024 di daerah hukum Polres Cilegon. 

Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tjahyo Untoro dalam amanatnya menjelaskan bahwa apel gelar pasukan yang kita melaksanakan untuk memastikan bahwa kita benar-benar siap baik dari segi kekuatan personel, kemampuan, maupun kelengkapan sarana prasarana yang sewaktu-waktu siap dan mudah untuk digerakkan.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat dilakukan pengecekan secara mendetail, sehingga seluruh rencana yang telah dirancang dengan matang oleh pemerintah daerah Kota Cilegon, dapat diimplementasikan secara optimal, dengan demikian, keamanan, kenyamanan dan kondusifitas di daerah hukum polres cilegon khusunya di kota cilegon benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat." ujarnya.

"Apel kesiapsiagaan bencana alam tahun 2024 kali ini juga bermaksud untuk membangun kesiapsiagaan seluruh personel dalam menghadapi situasi kontinjensi bencana alam yang masih mengancam sebagian besar wilayah di indonesia. Pasalnya, cuaca ekstrim yang terjadi di sejumlah daerah di tanah air menyebabkan banyak terjadinya bencana alam," jelas Kapolsek.

"Perlu kita pahami, selain berbagai dinamika kegiatan masyarakat yang akan kita hadapi terutama menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024, juga kita harus memberikan perhatian khusus terhadap penanggulangan bencana alam. Tentunya kita menyadari, indonesia merupakan negara yang sangat rawan bencana, sehingga perlu selalu memperhatikan peringatan cuaca dari BMKG (Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika), dengan kesiapsiagaan, kita berharap dapat mengantisipasi jatuhnya korban manakala bencana alam terjadi," tuturnya.

Lanjut Kapolres Cilegon, mencermati situasi kerawanan bencana tersebut, maka pada hari ini Polres Cilegon bersama unsur tni, pemda kota cilegon berikut instansi terkait lainnya melaksanakan apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam tahun 2024 dengan melaksanakan gelar dan pengecekan kesiapsiagaan personel dan perlengkapan penanggulangan bencana secara terpadu.

"Melalui pelaksanaan kegiatan ini, saya berharap dapat dirumuskan dan diterapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi bencana melalui langkah-langkah yang tepat guna dan berdaya guna, untuk memastikan tergelarnya upaya yang cepat dan tepat dalam menghadapi kejadian bencana," imbuhnya.

"Penanggulangan bencana merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh komponen bangsa yang dilakukan secara gotong royong, oleh karena itu saya berharap pelaksanaan apel ini dapat menjadi momentum untuk membangun sinergitas yang kokoh dan terpadu dengan seluruh komponen masyarakat dalam menghadapi peristiwa bencana alam," tegas Eko.

Selanjutnya untuk memperkuat kesiapsiagaan bencana alam, perlu saya sampaikan untuk kita pedomani, yaitu:

1. Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam.

2. Bangun komunikasi dan sinergitas dengan instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat, serta hilangkan ego sektoral dalam membangun kesiapsiagaan bencana alam di daerah hukum Polres Cilegon.

3. Tingkatkan kemampuan personel dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam dan lakukan pemeliharaan peralatan yang sudah dimiliki serta sarana dan prasarana untuk mendukung bencana.

Sebelum mengakhiri amanat ini, semoga pengabdian yang dilakukan dengan penuh keikhlasan ini akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan tuhan yang maha esa.

"Demikian amanat yang dapat saya sampaikan, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan bimbingan dan ridho-Nya kepada kita semua dalam melaksanakan tugas kepada masyarakat, bangsa dan negara. Pengabdian."tutupnya.

×
Berita Terbaru Update