-->

Media

Banner

10/18/2023

Peringatan Hari Anak Nasional, Maman Ajak Anak Junjung Tinggi Etika dan Tatakrama



Cilegon – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Maman Mauludin menilai bahwa anak perlu mendapat perlindungan dengan baik. Hal itu dilakukan dalam rangka mendorong generasi yang dapat menjunjung tinggi tata krama dan etika. Demikian disampaikan Maman saat menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional 2023 yang digelar Dinas Pemberdayan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Cilegon di Gedung Creative Center (Gedung Batik) Cilegon, Rabu 18 Oktober 2023.

“Peringatan Hari Anak Nasional tahun ini (2023-red) mengambil Tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa dengan terlindunginya anak dapat menjadikan anak generasi yang nantinya akan menjunjung tinggi tata krama dan etika,” kata Sekda Kota Cilegon Maman Mauludin pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Menurut Maman, anak merupakan potensi dan aset yang akan meneruskan cita-cita perjuangan bangsa. “Anak merupakan  potensi dan aset penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis. Maka dari itu, diperlukan perlindungan dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosial secara utuh,” tuturnya.

Dalam hal ini, Maman juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia Layak Anak. “Diketahui bersama bahwa Kota Cilegon merupakan penerima penghargaan Kota Layak Anak tingkat Madya. Semoga kedepannya dapat meningkat ke Tingkat Nindya. Dimana, dalam mempersiapkan Generasi Indonesia Emas 2024, mari kita wujudkan Indonesia Layak Anak 2030. Bersama peran orangtua untuk bersama sama menerapkan pola asuh, pola didik, dan melindungi anak dari hal hal yang negatif,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala DP3AP2KB Kota Cilegon Agus Zulkarnain mengajak untuk memperkuat peran pelopor dan pelapor. “Saya mengajak untuk perkuat peran Pelapor dan Pelopor dalam rangka menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak. Dimana, Pelopor dapat memberikan contoh dalam memberikan yang terbaik untuk anak dan Pelapor dapat memberikan informasi dan melaporkan hal-hal tidak baik yang didapat oleh anak,” ucapnya.

Diterangkan Agus, seluruh komponen bangsa harus memberikan hak-hak untuk pemenuhan sebagai penerus bangsa. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam mempersiapkan generasi emas. “Pemenuhan hak sebagai penerus bangsa itu seperti hak hidup, hak tumbuh, hak berkembang dan dapat perlindungan dari kekerasan serta diskriminasi,” terangnya. (*)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Latest News

Back to Top