-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lama Dinantikan, Kini TPU Bintan Utara Diresmikan Bupati Bintan

9/20/2023 | 9/20/2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-21T00:48:04Z

Bintan - Melewati proses dan dinamika yang cukup panjang, selama beberapa tahun perjuangan dan melalui proses Pemerintah Kabupaten Bintan bersama Tokoh Masyarakat Bintan Utara terus berjuang agar adanya Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang baru bagi masyarakat. Mengingat sudah tidak ada lagi lahan yang dapat digunakan sebagai TPU bagi masyarakat yang akan padat penduduknya, Pemerintah Kabupaten Bintan didukung Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan TNI-Polri akhirnya dapat menyelesaikan persoalan yang telah lama dinantikan.

Lahan TPU baru di Bintan Utara kini diresmikan langsung oleh Bupati Bintan, Roby Kurniawan yang berlokasi di Samping Pos Kehutanan Kelurahan Tanjung Uban Utara pada Rabu, (20/09)

Bupati Bintan Roby Kurniawan, S.P.W.K yang didampingi wakil Bupati Bintan Ahdi muqsith meresmikan lahan Tempat Pemakaman Umum, (TPU ) Bintan Utara, tepatnya berada di jln Taman Sari kelurahan Tanjung Uban Utara, Kecamatan Bintan Utara.



Bupati Bintan saat sesi wawancara menjelaskan, karena sudah penuh dan tidak bisa menampung lagi lahan pemakaman yang sekarang ada di Bintan utara makanya kita upayakan untuk lahan baru pemakaman.

"Kita bersama masyarakat mengajukan kepada pihak Provinsi hingga ke pusat sampai bisa mendapatkan izin untuk menggunakan lahan ini," ujarnya.

"Ini dirasa sangat perlu diupayakan secepatnya demi kebutuhan masyarakat umum dan sekarang pemakaman ini telah resmi bisa digunakan oleh masyarakat," jelas Roby.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada instansi-instansi yang telah membantu baik itu TNI, POLRI, Pemuda dan masyarakat yang telah mendukung, hingga area TPU ini bisa rampung dan bisa digunakan oleh masyarakat," tegasnya.

Sementara itu ditempat yang sama Kadis Perkim Kabupaten Bintan M Irzan, ST menambahkan bahwasannya melalui mediasi yang memang cukup panjang ini, dari awal Januari 2023 hingga Agustus 2023 barulah kita mendapatkan titik terang dan mendapatkan ijin baru untuk lahat TPU masyarakat Bintan Utara.

"Kini ada kurang lebih 3,9 hektar lahan yang kita alokasikan untuk pemakaman ini, dan nantinya akan dibagi, 2/3 nya untuk pemakaman Muslim serta 1/3 nya lagi untuk Nasarani," ujarnya.

"Tata letak dan peraturan makam tersebut yang nanti akan dibuatkan untuk akses jalan dan rencananya akan dibuat blok bloknya agar tertata rapi dan lebih optimal," jelas Kadis Perkim.

"Nanti akan di disigen sedemikian rupa, lahan tidak boleh ditembok dan hanya ditanami rumput saja serta untuk batu nisannya hanya boleh nisan tidur saja," tambahnya.

"Kita sudah buatkan petanya dan susunannya," tegas M Irzan.

"Sehingga nantinya semuanya akan berjalan sesuai dengan peraturan, dan tata makam yang sudah kita rencanakan," imbuhnya.

Lanjut M Irzan, TPU ini akan bisa menampung hingga 25 tahun kedepan. Dan semoga dengan pemetaan dan rencana yang baik, akan terwujud pemakaman, yang rapi, dan bersih.

"Dan untuk perihal nama TPU tersebut, nanti kita musyawarahkan lagi bersama, apa nama TPU ini nantinya tergantung dari hasil musyawarah bersama nanti," jelasnya.

"Semoga TPU ini memberikan Manfaat untuk masyarakat kita , di Bintan Utara. dan bersama sama kita mewujudkan pemakaman yang bersih dan rapi." tutup Irzan.


Tampak hadir dari hasil pantauan pressroom.co.id di acara peresmian ini Kapolres Bintan AKBP. Riky Iswoyo, SIK, MM, Dandim,0315 Letkol Inf Eka Ganta Chandra, SIP, MIP, Kejari Bintan I wayan  Eka widdiyara, SH, Sekda Bintan Ronny Kartika, Pjs Danlanal Bintan Kol Laut.(P) Mandiri Karto, Ka Fasharkan Mentigi Kol Laut (T) Basuki Tri Usodo, Komandan SATRAD 213 Tanjung Pinang Letkol Lek Emmaloka Dwi Abdi Praptono, ST, MM, Danpomal, Lanal Bintan, Kadis Lingkungan Hidup, Kepala kantor kementrian agama kab Bintan Drs Eman Zarudi M,pd, Ketua MUI kab Bintan H Ahmadi, Danyon Sat Brimob KEPRI diwakili AKP Hermansyah, Kepala pangkalan PLP kls 2 Tanjung Uban, Kepala KPHP unit 4- Bintan- Tanjung Pinang, Kepala kantor UPP kls 1 Tanjung Uban, Kadis lingkungan hidup Bapak Aprizal Bahar, Kepala Satpol PP Suwarsono, Camat Bintan Utara Denny Irman Susilo S, Kom, Kapolsek Bintan Utara, Kompol Suwitnyo, SH, Danramil 03 Bintan Utara, Kapten (chb) Dede Tri Haryanto dan Kepala KUA kec Bintan Utara H Muhammad Isa Ansori, LSM, serta seluruh elemen masyarakat lainnya.

×
Berita Terbaru Update