-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Polsek Panimbang Polres Pandeglang Berikan Pengamanan saat Pemdes Bojen Wetan Gelar Sedekah Bumi

10/19/2022 | 10/19/2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-19T15:20:45Z

Pandeglang - Kolsek Panimbang IPTU Asep Jamaludi, SH menghadiri kegiatan Sedekah Bumi yang diselenggarakan oleh masyarakat yang ada di kecamatan Sobang.

Melestarikan adat istiadat yang telah diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang, Pemerintah Desa (Pemdes) Bojen Wetan Kecamatan Sobang Kabupaten Pandeglang, Banten. Menggelar adat desa Sedekah Bumi. Acara adat desa dimeriahkan seni sandiwara ini dilaksanakan di halaman Kantor desa setempat pada Rabu, (19/10).

Hadir pada kesempatan tersebut, Kapolsek Iptu Asep Jamaludin SH, Aiptu Pupun Kanit Intel, Aipda Enas Kanit Patroli, Bripka Bhakti Bhabinkamtibmas, Camat Kecamatan Sobang Yayan Trikaryana, Kepala Desa  Bojen Wetan Yanto, Bhabinsa Kecamatan Sobang, tokoh Agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat desa setempat.

Kepala Desa Bojen Wetan Yanto mengatakan, "Adat desa sedekah bumi merupakan rutinitas tahunan sebelum dimulainya aktifitas bercocok tanam padi musim tanam (MT) rendeng".

"Meski acara rutinitas kata dia namun sarat makna karena pihaknya berupaya melestarikan tradisi adat desa yang telah diwariskan oleh para pendahulunya," ujarnya.

"Acara sedekah bumi tahun 2022, sambungnya pihaknya mengundang grup kesenian sandiwara Wayang Kulit dari kecamatan Sobang," lanjutnya.

“Kesenian sandiwara Wayang kulit untuk menghibur masyarakat,” kata Yanto

Adanya hiburan sandiwara pada acara adat desa sedekah bumi disambut suka cita masyarakat, salah satunya disampaikan Suwandi Ia mengku terhibur adanya pertunjukan kesenian rakyat Desa Bojen Wetan yakni seni sandiwara.

"Alhamdulillah kami merasa terhibur dengan acara ini, sebab selama pandemi Covid-19 sama sekali rutinitas terbatas," terangnya.

Iapun mengaku salut atas kepemimpinan Kades Bojen Wetan karena belum lama ini ikut menyemarakan dalam rangka memperingati Hari Maulid Nabi SAW, kini mengadakan adat desa sedekah bumi.

Sementara itu Kapolsek Panimbang IPTU Asep Jamaludin, SH mengatakan, "bahwa setelah dua tahun Indonesia dilanda pandemi Covid-19 kegiatan tasyakuran laut atau disebut juga ruwat laut tersebut akhirnya bisa terlaksana kembali".

“Pasca pandemi kegiatan ini akhirnya dapat dilaksanakan juga sehingga sangat antusias menyaksikan berbagai rangkaian kegiatan tasyakuran laut ini," ujarnya.

"Keamanan pada pelaksanaan kegiatan ruat laut atau syukuran laut sudah disiapkan dari jauh hari agar kegiatan ini bisa berjalan lancar dan masyarakat bisa merasa aman," 

“Kita sudah siapkan pengamanan dari hari awal pelaksanaan, hingga selesai kegiatan”, pungkasnya.

×
Berita Terbaru Update