close

*

Prajurit Koops Habema Sinergi dengan Warga Mbua Jaga Keamanan Wilayah Papua -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Prajurit Koops Habema Sinergi dengan Warga Mbua Jaga Keamanan Wilayah Papua

Tuesday, June 25, 2024 | June 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-25T02:27:05Z


Papua – Komando Operasi TNI (Koops TNI) Habema giat mengamankan wilayah Papua yang masuk dalam tanggung jawabnya. Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Para Raider 432/Waspada Setia Jaya Kostrad, sebagai salah satu Satuan Jajaran Koops Habema, tengah melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Ops Pamtas) Mobile Republik Indonesia - Papua Nugini, khususnya di wilayah Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Pada hari Senin, 24 Juni 2024, Satgas Yonif 432 Kostrad menggelar kegiatan bersama warga masyarakat Distrik Mbua dalam upaya menjaga keamanan wilayah setempat.

Komandan Pos Mbua bernama Lettu Inf Fahrizal, memimpin langsung pelaksanaan kegiatan sinergi bersama warga Mbua kali ini. Itikad baik yang ditunjukkan oleh para Prajurit Pos Mbua disambut antusias warga yang dikoordinir oleh Tokoh Agama setempat atas nama Pendeta Johanes. Kegiatan bersama yang dilakukan dalam rangka menjaga keamanan adalah melakukan pemeriksaan terhadap setiap kendaraan beserta barang-barang yang diangkutnya di jalan raya penghubung antara daerah Nduga Atas dengan Distrik Mbua. Titik pemeriksaan berada di pintu masuk Kampung Mbua yang merupakan ibukota Distrik Mbua dan menjadi pintu gerbang masuknya lalu lintas kendaraan dari daerah Nduga Atas ke arah Nduga Bawah.

Bentuk kegiatan pengamanan wilayah Mbua ini secara rutin berkala diselenggarakan sebagai wujud kebersamaan dan sinergitas antara Satgas Yonif 432 Kostrad dengan warga setempat. Saat pelaksanaan kegiatan, juga terjadi interaksi komunikasi yang harmonis antara para Prajurit TNI dengan warga Mbua yang selanjutnya menghasilkan jalinan silaturahmi yang akrab antar kedua pihak.

Pengamanan wilayah yang telah digelar oleh Satgas Yonif 432 Kostrad di wilayah Distrik Mbua merupakan salah satu realisasi komitmen TNI dalam melaksanakan dukungan pengamanan terhadap wilayah Papua. Hal ini sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) kepada Panglima TNI sebagaimana tersebut dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua, di antaranya memberikan dukungan pengamanan dalam rangka percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua.

“Satgas Yonif 432 Kostrad yang berhasil melibatkan sinergitas warga masyarakat dalam kegiatan pengamanan wilayah di Distrik Mbua merupakan wujud implementasi tugas TNI memberikan dukungan pengamanan, sebagai upaya mempercepat pembangunan Papua”, ungkap Panglima Koops Habema, Brigjen TNI Lucky Avianto, pasca menerima laporan pelaksanaan kegiatan.

×
Berita Terbaru Update