-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Polres Cilegon Polda Banten Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

6/01/2024 | 6/01/2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-01T12:17:05Z


Cilegon - Pada Sabtu, 01 Juni 2024 pukul 07.00 Wib di Lapangan Apel Satya Haprabu Polres Cilegon Polda Banten dilaksanakan kegiatan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024. Dengan Tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.

Kegiatan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 diikuti oleh Personil Polres Cilegon dan jajarannya.

Dalam amanatnya Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tjahyo Untoro yang dibacakan oleh Wakapolres Cilegon Kompol Rifki Seftirian Yusuf bahwa, "Hari lahir pancasila diperingati setiap 1 Juni, yang ditandai oleh pidato yang dilakukan presiden pertama indonesia Ir Soekarno, dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dalam upaya merumuskan pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar Negara dan mewariskan Pancasila bagi Bangsa dan Negara.

"Pancasila merupakan landasan ideologi bagi bangsa indonesia. hal itu berarti setiap nilai yang terkandung dalam pancasila harus dijadikan dasar hidup Bernegara," ujarnya.

"Di momen ini kita sebagai warga negara indonesia bersama-sama membumikan pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," tutur Wakapolres Cilegon.

"Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa indonesia menghadapi tantangan dan ujian. semua ini sudah di buktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara indonesia tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila," jelas Rifki.

"Kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan interaksi pada sesama. inilah tugas kita bersama menjadikan pancasila sebagai ideologi yang bekerja, yang dirasakan manfaatnya, dan juga kehadirannya oleh seluruh tumpah darah Indonesia," imbuhnya.

"Dalam kesempatan ini, saya mengajak kepada kita sekalian untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai pancasila dalam mewujudkan indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan." tutupnya.

×
Berita Terbaru Update