close

*

Indonesia Sipil Kokoh, Dankorbrimob Resmikan Mako Pas Brimob II di Kuka -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Indonesia Sipil Kokoh, Dankorbrimob Resmikan Mako Pas Brimob II di Kuka

Friday, June 14, 2024 | June 14, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-14T04:10:32Z


Kutai Kartanegara - Satu Indonesia yang  benar-benar sipil kian kokoh terwujud. Komandan Korps Brimob, Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han, Kamis (13/6/24) meresmikan Markas Komando (Mako) Pasukan Brimob II yang berlokasi di Jonggon, Kelurahan Loa Ipuh Darat, Kecamatan Tenggarong, Kaltim.

"Ini tonggak baru sejarah dalam perkembangan Brimob Polri," ungkap Komandan Pasukan Brimob II, Brigjen Pol. Drs. Arif Budiman, M.H. yang didampingi Dansat Gegana Pasbrimob II, Kombes dr. Bambang Wijiasmoro di sela-sela acara peresmian.

Peresmian Mako itu didasarkan Perpres 54/ 2022 tentang Perubahan kedua atas Perpres 52/2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Polri.

Pas Brimob II membawahkan tiga resimen, yaitu satu Resimen {Men) Gegana dan dua Men Pelopor.

Selain itu, Pas Brimob II juga berperan sebagai pembina teknis 13 Satbrimoda Kaltim, Kaltara,  Kalbar, dan Kalsel. Juga, Satbrimobda Sulsel, Sulbar, Sulteng, Sultra, Gorontalo, Sulut, NTB, dan NTB.

Kedatangan Dankor Brimob Polri Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han di lokasi Mako bari hari itu, disambut hangat  oleh tari Persembahan Adat khas Daerah Kutai Kartanegara (Kuka) Kaltim.

Imam Widodo memimpin langsung peresmian, yang dilanjutkan oleh penempatan pasukan serta peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Mutallib.

Dia berharap kehadiran Pasukan Brimob II di Kalimantan, juga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat

"Latar belakang pembangunan Mako Pasukan Brimob II ini adalah pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), dengan luas lahan kurang lebih 200 Ha. Pasukan Brimob II juga melaksanakan kegiatan operasional pengamanan agenda nasional 2024 seperti pembangunan IKN dan Upacara HUT Ke-79 RI Tahun 2024 di IKN.

"Semoga dengan adanya Pas Brimob II  bermanfaat bagi masyarakat, nusa dan bangsa," ujar Komjen Imam Widodo.

imam yang menghabiskan sebagian besar karirnya di Brimob itu menegaskan, kehadiran Pas Brimob adalah untuk memelihara keamanan dalam negeri (Kamdagri) serta  situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Jadi, tegas Imam, Brimob itu pasukan khusus yang tugasnya memelihara kamdagri, yaitu untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Untuk itulah diresmikanlah Mako Pas Brimob II di Kabupaten Kutai Kartanegara ini," tegasnya.

Pembangunan Mako, lanjutnya, merupakan amanah untuk meningkatkan kamtibmas.

Dengan demkian Mako itu, lanjutnya, akan menjadi tempat yang ramah, inklusif dan terbuka bagi masyarakat.

"Kami akan menjalin kemitraan dengan institusi lain dan membangun kepercayaan yang kokoh," ucapnya.

Ia memaparkan, kehadiran Brimob disini untuk menanggulangi situasi darurat. Tugas-tugas tersebut, yakni membantu tugas kepolisian kewilayahan dan bersinergi dengan TNI, Pemda, dan pemangku kepentingan lainnya dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, sosial dan menangani kejahatan  berintensitas tinggi.

Pada kegiatan peresmian tersebut, hadir pejabat utama (PJU) Korps Brimob Polri, Wakapolda Kaltim, PJU Polda Kaltim, Danrem 09 ASN, selain para Kapolres se-Kaltim, para Bupati dan Wali Kota se-Kaltim, para Dansat Brimob Polda se-Kalimantan, Sulawesi NTB, dan NTT serta Forkopimda.***

×
Berita Terbaru Update