-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Promosikan Kuliner Lokal, Puluhan Warga Ikut Kontes Emping di Cilegon Expo 2024

5/03/2024 | 5/03/2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-05T10:59:28Z


Cilegon - Puluhan peserta yang terdiri dari para perajin emping ikut memeriahkan Cilegon Expo 2024, di Alun-alun Kota Cilegon pada Jumat, 3 Mei 2024. 

Lomba yang digelar dalam rangka HUT Kota Cilegon ke-25 ini dilaksanakan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Pabean bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Cilegon. 

Ketua Pokdarwis Kelurahan Pabean Hasidi mengatakan, dalam lomba ini setiap peserta terdiri dari dua orang, termasuk sejumlah Ibu-ibu yang ikut ambil bagian. Masing-masing tim beradu ketangkasan dalam membuat emping. 

"Kami senang melihat antusiasme masyarakat dalam memeriahkan HUT Kota Cilegon yang ke-25 melalui lomba pembuatan emping ini. Semoga kegiatan ini dapat memperkenalkan kekayaan budaya lokal kita kepada generasi muda," ungkap Hasidi pada Jumat, 3 Mei 2024. 

Menariknya pada lomba ini, tidak hanya diikuti dari peserta dari Cilegon saja, tetapi juga dari Serang yang merasa tertarik untuk turut serta mengikuti kontes.

"Kontes emping ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan pembukaan pada Cilegon Expo 2024. Kami ikut memeriahkan agar supaya anak-anak sekarang tidak lupa bahwa nenek moyangnya banyak yang berprofesi membuat emping. Dan alhamdulillah pesertanya tidak hanya wong Cilegon," paparnya.

Hasidi menjelaskan, emping, sebagai salah satu makanan tradisional khas Kota Cilegon, perlu untuk ditampilkan di setiap even besar di Kota Cilegon, agar emping punya daya tarik bagi masyarakat luas dan tidak hanya di Kota Cilegon.

"Lomba ini diharapkan dapat mempertahankan keberagaman tradisi dan kekayaan kuliner Kota Cilegon serta menginspirasi generasi mendatang untuk melestarikannya," harapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Cilegon Ahmad Fauzi Chan mengapresiasi penyelenggaraan kontes emping di ajang Cilegon Expo 2024.

"Kegiatan seperti ini dapat menjadi sarana promosi potensi wisata kuliner dan budaya daerah serta mempererat hubungan antar-komunitas dalam masyarakat," ujar pria yang akrab disapa Ichan ini. 

Diketahui, Cilegon Expo digelar mulai 3-7 Mei 2024. Puluhan stand yang terdiri dari perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), industri, hingga Usaha Kecil Menengah (UMKM) menawarkan produknya. Rencananya, malam punncak Cilegon Expo akan dimeriahkan oleh grup band papan atas Jamrud pada 6 Mei 2024. (*)

×
Berita Terbaru Update