-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DKPP Kota Cilegon Tekan Inflasi, Lewat Gerakan Pangan Murah

3/22/2024 | 3/22/2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-22T14:28:27Z


Cilegon - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, permintaan terhadap barang kebutuhan pokok di masyarakat biasanya cukup tinggi. Kondisi tersebut sering memicu terjadinya inflasi. 

Untuk menekan terjadinya inflasi, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon menggelar Gerakan Pangan Murah, di Halaman kantor DKPP, Kecamatan Jombang, Kamis 21 Maret 2024.

Acara dihadiri Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin, serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. 

Dalam sambutannya Maman mengatakan bahwa Gerakan Pangan Murah ini merupakan salah satu upaya dalam menstabilkan pasokan dan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, 

"Tingginya permintaan barang dan jasa menjelang hari raya seringkali membuat inflasi naik di semua wilayah. Bahkan secara nasional. Oleh karena itu, kegiatan ini juga kami harap dapat menekan angka inflasi akibat kenaikan kebutuhan pokok,” katanya.

Menurut Maman, selain DKPP, kegiatan ini juga turut didukung Disperindag dan Polres Cilegon yang juga berkolaborasi menstabilkan pasokan pangan dan menekan inflasi daerah.

"Tentunya kami juga berterima kasih kepada Bank BJB, PT. Indorama, BPRS CM, dan Poktan H. Nur yang telah berkontribusi besar atas terselenggaranya kegiatan hari ini. Semoga ke depan lebih banyak lagi pihak yang berkontribusi sehingga manfaatnya lebih banyak lagi buat masyarakat," ujarnya.

Terakhir Maman berharap kegiatan ini mampu menjaga stabilitas harga pangan di Kota Cilegon. “Harapan kami dengan Gerakan Pangan Murah ini mampu menjaga stabilitas harga lebih terkendali, dan kegiatan ini untuk dapat berlanjut bukan hanya pada momen saat ini," harapnya.

Sementara itu Kepala DKPP Kota Cilegon M Ridwan mengaku telah menyiapkan beras murah untuk masyarakat Kota Cilegon hingga lima ton yang dikemas per 5 kg dengan total 1.000 pack.

“Sistem penjualannya kami telah memberikan kupon kepada masyarakat untuk menjaga antrean, karena pembelian beras murah ini sangat kami batasi, satu orang hanya kami berikan masukan satu kupon saja," jelasnya.

Selain beras, tambah Ridwan, pihaknya juga menyediakan paket sembako murah lain yang dijual di bawah harga pasaran. “Beras 5 kg kami jual Rp54.000, kemudian minyak goreng Rp14.500 per liter, telur ayam Rp29.000 per kg, dan banyak pangan murah lainnya," ungkap Ridwan. 

Gerakan Pangan Murah yang digelar DKPP Kota Cilegon itu pun disambut antusiasme warga. Tampak ratusan warga antre untuk mendapatkan barang kebutuhan pokok yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga selama Ramadhan hingga Idul Fitri nanti. (*)

×
Berita Terbaru Update