-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi, Wali Kota Helldy Harap Bisa Tekan Pengangguran

3/06/2024 | 3/06/2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-13T08:31:16Z


Cilegon – Wali Kota Cilegon Helldy Agustian membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon di Aula Disnaker, Rabu 6 Maret 2024.

Pada kesempatan tersebut, Helldy mengatakan bahwa pihaknya melalui Disnaker terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan menekan angka pengangguran di Kota Cilegon.

"Kami sangat bangga, senang, karena ini sebagai bentuk kepedulian Disnaker sesuai dengan visi misi kami dalam rangka mengentaskan pengangguran di Kota Cilegon," kata Helldy.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan Pemkot Cilegon, kata Helldy, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kota Cilegon menunjukkan penurunan signifikan. 

"Pada tahun 2020 lalu mencapai 12,69%. Lalu menurun pada tahun 2021 menjadi 10,13 persen. Selanjutnya TPT kembali turun menjadi 8,10% pada 2022, dan terhitung November 2023 menjadi 7,25% atau turun sebesar 5,44%, yakni dari 12,69 menjadi 7,25%," paparnya.

Helldy berpesan kepada para peserta agar memaksimalkan kesempatan yang ada sehingga mendapatkan pengetahuan, wawasan, memiliki sikap mental, kepribadian dan keterampilan untuk dapat mengaplikasikan dalam dunia kerja maupun wirausaha mandiri.

"Mudah-mudahan ini membawakan hasil, kita juga sudah kasih semangat dan motivasi agar supaya mereka bisa berkompetisi secara positif di dunia kerja," harapnya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Kota Cilegon Kepala Disnaker Kota Cilegon Panca N Widodo menyampaikan, kegiatan pelatihan tersebut dilakukan untuk menciptakan tenaga kerja lokal kompeten sehingga bisa bersaing di dunia kerja terutama bagi perusahaan di Kota Cilegon.

"Setalah pelatihan kalau memang berprestasi dengan baik kemungkinan bisa diterima oleh masing-masing industri yang di Cilegon, itu harapan kita," ujarnya.

Ditambahkannya, jenis pelatihan yang diberikan yakni public speaking, komputer dan Program Pendidikan & Pelatihan Teknisi Industri Kimia (P3TIK) yang bekerja sama dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

"Untuk tahun ini kurang lebih sebanyak 40 orang, mudah-mudahan dengan apa yang sudah kita lakukan ini memberikan bahwa pemerintah tidak diam untuk bagaimana meningkatkan SDM anak-anak Kota Cilegon," tambahnya. (*)

×
Berita Terbaru Update