-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

APTIKNAS: Solartech Indonesia 2024 jadi Pameran B2B International terbesar se-Asia Tenggara

3/07/2024 | 3/07/2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-08T04:28:36Z


Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS) Ir. Soegiharto Santoso, SH menghadiri langsung pameran Solartech Indonesia, Inalight dan SmartHome+City Indonesia 2024 yang diselenggarakan GEM Indonesia pada tanggal 6 sampai dengan 8 Maret 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dalam sambutan dipembukaan pameran Ketum APTIKNAS Soegiharto Santoso mengapresiasi keberhasilan GEM Indonesia menjadikan pameran ini sebagai pameran B2B International terbesar se-Asia Tenggara di bidang ini (Solartech).  “APTIKNAS selalu mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh GEM Indonesia, serta memberikan apresiasi kepada EO GEM Indonesia dan seluruh pihak atas terselenggaranya kegiatan ini. Karena kita semua menjadi bagian yang akan turut andil demi mewujudkan Net Zero Emission di tahun 2060 mendatang,” kata Hoky sapaan akrabnya dalam pesan tertulis Kamis (7/3/2024) di Jakarta.

“Kami akan terus berupaya menjalin sinergitas dengan berbagai pihak memperkenalkan produk dan solusi demi mewujudkan Net Zero Emission di tahun 2060 dan program digitalisasi demi kemajuan serta kemandirian kita dibidang TIK,” tutur Hoky.

Hoky juga menyampaikan APTIKNAS akan terus melakukan sosialisasi transformasi digital, dan telah menjalankan program APTIKNAS Smart Nation, dimana di dalamnya ada 2 pondasi, yaitu; Talenta Digital dan Digital Leadership. Selain itu APTIKNAS menetapkan 6 pilar sebagai program prioritas yaitu; Digital City atau Smart City, Artificial Intelligence, Cloud Computing, Cybersecurity, Blockchain dan Hardware. Dimana dirinya yakin, semua teknologi ini bisa dijumpai dalam expo yang diselenggarakan saat ini.

Ia juga melanjutkan, APTIKNAS terus aktif berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak untuk mengadakan berbagai Seminar, Webinar dan Workshop dengan tujuan peningkatan SDM di bidang TIK, termasuk telah mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SDM TIK yang terlisensi BNSP RI. Setiap tahun APTIKNAS rutin menyelenggarakan kegiatan National Cybersecurity Connect (NCC) yang menjalin kerjasama dengan pihak BSSN RI.

Hoky menambahkan, pameran ini menjadi bagian dari eko sistem yang mempertemukan seluruh pihak terkait dari hulu sampai hilir di bidang TIK dan energi baru, terbarukan. “APTIKNAS sangat mendukung kebijakan pemerintah tentang TKDN, sehingga para vendor ataupun prinsipal dari produk-produk ternama peserta pameran selanjutnya dapat membangun pabriknya di Indonesia untuk menjamin TKDN terpenuhi,” ujar Hoky.

Didalam pameran tersebut terdapat sub events lainnya yaitu; Battery & Energy Storage Indonesia, Smart IOT Indonesia, SmartLift Indonesia, Cable & Wire Indonesia serta InagreenTech, yang merupakan pameran terbesar di Asia Tenggara yang diikuti lebih dari 800 peserta pameran dari puluhan negara dengan target dihadiri lebih dari 25 ribu pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri.

Pameran ini diselenggarakan oleh PT. Global Expo Management (GEM) Indonesia yang menghadirkan perusahaan-perusahaan terkemuka global di bidang Solar PV, Energy Storage, Perlampuan, dan Smart Home. 

Diantaranya PLN Nusantara Power, Huayao PV, Atelier Solar, Gotion, Apollo Solar Indonesia, JJ-Lapp, Solis, Hexing Livoltek, RePower, MKOPTO, AE Solar, Damai Cable, Boamax, Bluetti, Goodwe, Ecoflow, ATW Solar, Utomo Solar UV, dan Aviation Electrical.

Pameran ini mendapat dukungan dari Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konsevasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI, serta Kementerian Perindustrian RI melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah yang turut memfasilitasi perusahaan-perusahaan lokal untuk memamerkan produk buatan Indonesia di ajang pameran Internasional ini. 

Pameran kali ini juga memperoleh dukungan dari berbagai Asosiasi, diantaranya APAMSI, APERLINDO, ALINDO, AKLI, APPLE, GAMATRINDO, GAPENDO, dan PERTAMISI, serta APTIKNAS.

Di sela pameran, seluruh tamu dan undangan sempat berkeliling booth peserta pameran bersama Sahid Junaidi, S.Kom, M.M. selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI yang hadir mewakili Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, didampingi Presiden Direktur GEM Indonesia, Baki Lee.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Dr. I Nyoman Adhiarna urut mengunjungi booth pameran APTIKNAS yang menampilkan berbagai produk dan solusi para anggota APTIKNAS, antara lain Robotic, pelatihan tersertifikasi tentang merancang dan membangun sistem surveillance pintar berbasis Al, KiosK Onesia, UPS Onesia, System Monitoring PRTG dan lainnya.

Turut hadir saat peresmian pameran jajaran Pengurus APTIKNAS antara lain; Sekjen Fanky Christian, Waketum 3 Bidang Kerjasama & Event Serta Hubungan Internasional Andi Mulja Tanudiredja, Ketua Komtap Kerjasama Luar Negeri Soetresno Hartanto dan Ketua Komtap AI Karim Taslim serta Ketua DPD DKI Jakarta Hendri Andrigo Sutanto. ***

×
Berita Terbaru Update