initial-scale=1, minimum-scale=1, maximum-scale=1' name='viewport'/> Polda Banten Gelar Rakor Ops Lilin Maung 2023 dan Rapat Menjaga Stabilitas Harga Bahan Pokok | preessroom.co.id -->

12/13/2023

Polda Banten Gelar Rakor Ops Lilin Maung 2023 dan Rapat Menjaga Stabilitas Harga Bahan Pokok



Serang - Polda Banten gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Lilin Maung 2023 dalam rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 serta rapat koordinasi dalam rangka menjaga stabilitas harga bahan pokok menjelang Natal bertempat di Pendopo Gubernur Banten pada Rabu (13/12).

Kegiatan dihadiri Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim didampingi PJU Polda Banten, PJ Gubernur Banten Al-Muktabar, Ketua DPRD Banten Andra Soni, Danrem 064/MY diwakili Kasiops Kolonel Inf R. D. Baktiar, Kepada BMKG Provinsi Banten diwakili Ketua Tim Kerja Meteorologi Klimatologi ibu Ana Oktavia Setiowati, perwakilan KSOP Provinsi Banten, BPTD Provinsi Banten, GM ASDP Merak Bapak Suharto serta peserta rapat.

Dalam sambutannya Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk koordinasi dengan pemerintah daerah. “Kegiatan rapat koordinasi ini adalah satu bentuk konsolidasi pemerintah terkait pengamanan kegiatan Nataru serta menjaga stabilitas harga bahan pokok yang akan kita hadapi mulai hari ini hingga kedepan,” kata Abdul Karim.

Abdul Karim menjelaskan bahwa peran seluruh stakeholder sangat penting untuk mendukung tugas kepolisian. “Pemerintah daerah memiliki peran yang sangat penting untuk support tugas Polri dan mengemban tugas sebagai penanggung jawab Harkamtibmas di wilayah Banten, tanpa dukungan dari seluruh Stakeholder tidak bisa dikerjakan sendiri,” ucap Abdul Karim.

Terapat beberapa poin yang perlu menjadi perhatian bagi semua peserta, jelas Abdul Karim. “Hilangkan ego sektoral dan intensifkan koordinasi antar peserta rakor ini, dengan harapan akan terciptanya sistem pengamanan yang sinergi, inventarisasi permasalahan dan tunjukan langkah strategis mengedepankan tindakan preemtif dan preventif guna menanggulangi setiap potensi kerawanan yang ada, sosialisasikan materi yang diperoleh pada rakor ini sampai ke tingkat jajaran,” jelasnya.

Abdul Karim berharap setelah diadakan kegiatan ini kedepannya semua kegiatan bisa berjalan lancar. “Harapan kita agar semuanya bisa berjalan lancar, terkendali dan stabilitas Provinsi Banten berjalan baik,” kata Abdul Karim.

Kasiops Korem 064/MY Kolonel Inf R. D. Baktiar mengatakan pihaknya siap membantu kepolisian dalam rangka pengamanan Nataru. “Korem 064/MY berharap kerjasama yang sudah terbangun selama ini tetap berjalan dengan baik, dan kami siap untuk membantu Polri khususnya Polda Banten dalam mengamankan persiapan Nataru,” kata Baktiar.

PJ Gubernur Al-Muktabar berterima kasih kepada Polda Banten atas inisiasi diselenggarakannya kegiatan tersebut. “Saya berterima kasih atas inisiasi pemaparan yang detail tentang persiapan menghadapi Nataru sehingga bisa melakukan persiapan yang matang,” ucapnya.

“Atas nama pemerintah daerah, mengharapkan Polri untuk bisa mengendalikan kegiatan pengamanan Nataru ini,” tambahnya.

Al-Muktabar mengatakan bahwa di Banten sudah cukup baik meskipun sempat mengalami kenaikan inflasi karena beberapa barang komoditi. “Secara umur di Banten cukup baik meskipun kemarin kenaikan inflasi karna harga cabai dan kita sudah menggerakkan berbagai langkah termasuk persiapan jangan panjang, dan komuditi pokok yang inflasi bukan hanya beras dan kita sudah mengambil langkah untuk harga yabg sesuai dengan harga eceran yang telah ditetapkan,” katanya.

“Bahan pokok seperti minyak goreng cukup terkendali, gula yang sudah terus kita kendalikan, walaupun beberapa komuditi berbasis impor sehingga Pemda terbatas untuk menangani,” tambahnya.

Al-Muktabar berharap seluruh stakeholder mendukung semua dalam penanganan inflasi. “Saya berharap penanganan inflasi daerah didukung dan diawasi oleh seluruh stakeholder,” harapnya.

Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Dedi Suhartono menjelaskan beberapa target operasi pengamanan Nataru. "Target operasi pengamanan Nataru tahun ini meliputi tempat atau lokasi wisata, tempat ibadah, dan pusat perbelanjaan, kedua orang yaitu warga yang merayakan natal dan tahun baru Dean warga yang mengunjungi tempat wisata, pengamanan kegiatan arus mudik dan balik, perayaan natal dan tahun baru, pengamanan tempat wisata dan perbelanjaan, pengamanan barang atau benda seperti kendaraan, petasan, miras dan lainnya," jelas Dedi.

Terakhir Dedi menerangkan jumlah personel Polda Banten yang dilibatkan dalam pelaksanaan pengamanan Nataru. "Total personel Polda Banten dan jajaran yang dilibatkan dalam Ops Lilin Maung 2023 sebanyak 1.159 personel," tutup Dedi.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Latest News

Back to Top