close

*

Gelar Seminar Cegah Diabetes Melitus, Ketua DWP Kemendagri Dorong Gerakan Hidup Sehat -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gelar Seminar Cegah Diabetes Melitus, Ketua DWP Kemendagri Dorong Gerakan Hidup Sehat

Thursday, November 23, 2023 | November 23, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-23T12:47:11Z


Jakarta - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nani Suhajar Diantoro meminta masyarakat Indonesia untuk menerapkan pola hidup sehat. Pasalnya, berdasarkan data International Diabetes Federation (FDI), pada tahun 2020, Indonesia menempati posisi ke-7 dari 10 negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi di dunia.

"Mariah kita bersama-sama menjaga pola hidup kita, dengan makanan yang sehat, sehingga kita dapat mencegah penyakit diabetes," ujar Nani pada acara Seminar dan Pemeriksaan Kesehatan Cegah Diabetes Mellitus dengan Gizi Seimbang serta Bazar Mini di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Jakarta, Kamis (23/11/2023).

Nani menjelaskan, diabetes merupakan kondisi di mana tubuh tidak menghasilkan cukup hormon insulin atau tidak dapat menggunakan insulin yang telah dihasilkan. Kondisi ini membuat tubuh tidak dapat menyerap atau mengolah glukosa menjadi energi. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan kadar gula yang tinggi di dalam darah. Kondisi ini dikhawatirkan dapat mengakibatkan rusaknya pembuluh darah di ginjal, jantung, mata, dan juga sistem saraf. 

Nani mengatakan, meskipun diabetes bukan termasuk penyakit menular. Namun, jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, maka diabetes dapat menyebabkan komplikasi hingga risiko kematian pada penderita. Nani menegaskan, penyakit diabetes terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat. Meski demikian, diabetes melitus umumnya dapat dicegah dan diobati dengan cara rutin berolahraga, menjaga berat badan tetap ideal, menerapkan pola makan sehat, rutin mengecek gula darah, rutin konsumsi air putih, dan terapkan pola hidup sehat. Untuk itu, lanjut Nani penting bagi semua masyarakat untuk dapat menjaga pola hidup sehat dan rutin memeriksakan kesehatan tubuh secara berkala.

"Marilah kita menjaga seluruh keluarga kita, tetangga kita, sesama mengadakan seperti perlombaan untuk pembuatan makanan sehat mencegah diabetes di lingkungan RT, RW, dan lingkungan sekitar kita," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga mengingatkan pentingnya mendeteksi penyakit diabetes sejak dini. Nani juga mengajak seluruh peserta seminar untuk mengikuti dan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Sebagai informasi, agenda ini sebagai langkah awal rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 DWP dan Hari Ibu ke-95. Kegiatan ini akan diakhiri dengan acara puncak pada tanggal 12 Desember mendatang di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) kampus Cilandak, Jakarta.

×
Berita Terbaru Update