initial-scale=1, minimum-scale=1, maximum-scale=1' name='viewport'/> Polres Cilegon Polda Banten Laksanakan Simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilu 2024 | preessroom.co.id -->

10/30/2023

Polres Cilegon Polda Banten Laksanakan Simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilu 2024

Cilegon - Polres Cilegon Polda Banten menggelar simulasi Sispamkota dalam rangka pengamanan Pemilu 2023 - 2024. yang dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kota Cilegon, Ketua KPU kota Cilegon, Ketua Bawaslu kota Cilegon, ketua partai politik dan tamu undangan lainnya. Kegiatan ini diikuti oleh 300 Personil gabungan Polres Cilegon Polda Banten pada Senin, (30/10/23).

Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tjahyo Untoro menjelaskan Simulasi Sispamkota ini dilaksanakan di Jalan Jendral Sudirman dalam kegiatan tersebut personil yang terlibat sejumlah 300 Personil gabungan dari polsek jajaran Polres Cilegon serta Satbrimob Polda Banten.

"Kegiatan simulasi Sispamkota yang dilaksanakan oleh Polres Cilegon Polda Banten untuk memantapkan kesiapan kita menjelang pengamanan Pemilu tahun 2024 untuk peserta simulasi Sispamkota ini diminta semua yang terlibat melaksanakan simulasi dengan serius,” ucapnya.

"Simulasi Sispamkota bertujuan untuk memberikan gambaran kepada seluruh petugas atau personel pengamanan serta petugas Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS) yang turut mengambil bagian dalam simulasi ini, agar memahami mengenai hal-hal yang mungkin saja dapat terjadi, dan untuk melatih agar setiap personel selalu siap siaga dan memahami tindakan apa yang harus dilakukan jika terjadi sesuatu." jelas Kapolsek. 

"Dalam pelaksanaan simulasi Sispamkota ini diperagakan beberapa tahapan pelaksanaan Pemilu yang dituangkan dalam skenario pengamanan dan didemonstrasikan oleh seluruh personel Polres Cilegon Polda Banten bersama  personel Brimob Polda Banten," tutur Eko.

Lanjut AKBP Eko terkait tentang Sispamkota ini dilaksanakan, "Poin peragaan simulasi Sispamkota penting yang diperhatikan dari simulasi ini adalah kerawanan akan terjadinya kericuhan saat Pemilu nanti. Hal ini dapat terlihat dengan kemungkinan adanya aksi unjuk rasa sebagai bentuk ketidakpuasan terhadap hasil Pemilu.

“Selain itu, bisa juga karena ketegangan antar masa pendukung pasangan calon yang tidak dapat mengontrol diri saat pemungutan suara di mulai,” ujarnya.

"Tidak hanya itu, adapun pengawalan surat dan kotak suara, serta tindakan pengamanan terhadap kantor KPU yang diasumsikan akan diserang oleh masa yang tidak senang akan hasil dari Pemilu itu sendiri," tambahnya.

"Dalam simulasi Sispam kota ini yang dilaksanakan oleh jajaran Polres Cilegon Polda Banten bersama dengan Satuan Brimob Polda Banten, hal ini dilaksanakan sebagai bukti bentuk kesiapan kami dalam menghadapi pengamanan Pemilu serentak 2024,” tutup Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tjahyo Untoro.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Latest News

Back to Top