-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bisa Tekan Pinjol dan Rentenir, Helldy Dukung Berdirinya Koperasi Syariah di Kota Cilegon

8/06/2023 | 8/06/2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-06T10:00:42Z

Cilegon - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menghadiri Peringatan Hari Koperasi ke-76 Tingkat Kota Cilegon, di Halaman Krakatau Junction, Minggu 6 Agustus 2023.

Helldy mengucapkan selamat dan terimakasihnya kepada Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) karena telah membawa Cilegon menerima penghargaan, beberapa waktu lalu.



"Pertama saya ucapkan selamat hari Koperasi ke-76, dan terimakasih telah membawa Kota Cilegon menerima penghargaan dimana saya dinobatkan Tokoh Penggerak Koperasi Madya. Ini baru pertama kali bagi Kota Cilegon," katanya.

Helldy juga meminta adanya kolaborasi dari berbagai stakeholder untuk membangun koperasi dan mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Tentunya saya serta pemerintah Kota Cilegon mendukung pembentukan koperasi-koperasi syariah di Kota Cilegon, demi memperluas segmentasi koperasi dalam rangka membangun sumber daya manusia," tuturnya.

Menurutnya, upaya pembentukan koperasi dilakukan demi mengurangi dan memerangi pinjaman-pinjaman yang memberatkan masyarakat seperti pinjaman online (pinjol) dan rentenir. 

"Saat ini banyak masyarakat yang terjerat pinjol dan rentenir karena belum semuanya mengakses lembaga keuangan yang baik. Ini menjadi tanggung jawab Dinas Koperasi sehingga kegiatan koperasi dapat terealisasi dengan baik," sambungnya.

Helldy juga meminta Dinas Koperasi untuk mendata industri industri di Kota Cilegon yang belum memiliki koperasi. "Jika belum ada kami akan berikan sosialisasi kepada industri yang belum memiliki koperasi,  dan untuk industri yang sudah memiliki koperasi akan kami bantu untuk dimaksimalkan supaya tidak ada koperasi yang merugikan karyawannya," ungkapnya.

Sementara itu Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kota Cilegon (Dekopinda) Setiyo Purnomo menuturkan kegiatan ini merupakan puncak perayaan Hari Koperasi ke-76 tingkat Kota Cilegon.

"Sebelumnya kami sudah menggelar perayaan dengan istigosah, dan hari ini banyak aktifasi yang akan dilaksanakan, antara lain senam bersama, donor darah, dan galeri UMKM," ucapnya.

Setiyo juga menyampaikan komitmennya untuk menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam mengembangkan sumber daya manusia bagi insan gerakan koperasi Kota Cilegon.

Setyo juga meminta dukungan pemerintah untuk mengembangkan SDM melalui pendidikan koperasi. Ini penting agar manajemen perkoperasian menjadi lebih baik dan semakin profesional. "Pendidikan ini penting untuk membangun pemahaman mengenai pengelolaan koperasi. Nanti biayanya ditanggung gerakan koperasi," paparnya.

Tidak lupa Setyo juga menucapkan selamat kepada Wali Kota Helldy yang mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Madya di Padang, Sumatra Barat.

Turut hadir dalam acara Asisten Daerah (Asda) 1 Tatang Muftadi, Plh Asda 2 Ahmad Aziz Setia Ade Putra, Kadis Koperasi dan UKM Didin S Maulana, serta ketua koperasi se-Kota Cilegon. (*)

×
Berita Terbaru Update