initial-scale=1, minimum-scale=1, maximum-scale=1' name='viewport'/> Sinergitas Antisipasi Bencana Alam, Polsek Cilegon, Koramil 2301 dan Sat Pol PP Kecamatan Apel Bersama Kesiapsiagaan | preessroom.co.id -->

1/31/2023

Sinergitas Antisipasi Bencana Alam, Polsek Cilegon, Koramil 2301 dan Sat Pol PP Kecamatan Apel Bersama Kesiapsiagaan


Cilegon - Untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi dan angin kencang di musim penghujan, Personel TNI dari Koramil 2301/Cilegon bersama Polsek Cilegon Polres Cilegon dan Sat Pol PP Kecamatan Cilegon melaksanakan apel gabungan di halaman Mako Komando Rayon Militer 2301/Cilegon pada Selasa, (31/01).

Tampak hadir dalam kegiatan apel Kesiapsiagaan tersebut Kapolsek Cilegon Kompol Dahoron Siregar, SH, Danramil 2301/Cilegon Mayor Inf Usman yang diwakilkan, Camat Cilegon Maman Herman, Personel Polsek, Personel Koramil serta petugas Sat Pol PP Kecamatan Cilegon.

Pelaksanaan Apel Gabungan tersebut guna meningkatkan kesiapsiagaan TNI-Polri dalam penanganan bencana alam yang ada di wilayahnya, membawahi dua kecamatan Cilegon dan Kecamatan Jombang Kota Cilegon.



Komandan Koramil 2301/Cilegon Mayor Inf Usman saat dikonfirmasi mengatakan, tujuan Apel gabungan Kesiapsiagaan Bencana untuk membangkitkan kebersamaan dan kesiapsiagaan TNI-Polri dan Sat Pol PP Kecamatan khususnya Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

"Selaku aparat kewilayahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas supaya meningkatkan kesiapsiagaan dan bersinergi dalam penanganan bencana yang sewaktu-waktu datang tanpa terprediksi," ucap Danramil.

Dikatakan Danramil, wilayahnya yang membawahi 2 kecamatan ini ada beberapa wilayahnya yang sangat berpotensi akan bencana alam banjir."Di beberapa titik dalam kecamatan sangat rawan dan berpotensi akan bencana banjir akibat sungai meluap bila wilayahnya di guyur hujan terus menerus dengan kesiapsiagaan  penanganan bencana alam, maka kerugian maupun korban akan dapat di minimalisir," tandas Danramil.

Sementara itu Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro, SIk.SH melalui Kapolsek Cilegon Kompol Doharon Siregar, SH menjelaskan bahwa, "Kegiatan tersebut merupakan program Commander Wish Kapolda Banten, merajut keberagaman merawat Kebhinekaan salah satu diantaranya adalah sinergi Tiga Pilar bagian dari implementasi tugas Polri Presisi tetap berada di tengah- tengah masyarakat untuk mewujudkan sinergitas dan mempererat silaturahmi kamtibmas, sehingga permasalahan yang terjadi di wilayah tingkat kelurahan dapat cepat diatasi dengan kondusif,” ungkap Kapolsek.

Kapolsek Cilegon Kompol Doharon Siregar, SH menambahkan, Benar, hari ini kita melaksanakan apel Kesiapsiagaan bencana bersinergitas antara TNI-POLRI dan Sat Pol PP Kecamatan Cilegon.

"Penanggulangan maupun penanganan bencana alam yang baik, harus melibatkan seluruh tingkat sektoral dan bersinergi."Kalau TNI-Polri, instansi terkait dan masyarakat waspada akan bencana serta bersinergi dalam penanganan bencana maka semua bisa diminimalisir kerugian maupun penanganannya akan lebih baik," ujar Kapolsek Cilegon. 

"Titik-titik yang rawan akan terjadinya bencana banjir antara lain di kecamatan Jombang dan Kecamatan Cilegon, seperti akibat melimpahnya aliran sungai Metro, Sungai Samandaran dan beberapa titik lainnya," jelasnya.

"Pada saat melaksanakan kegiatan di masyarakat personel juga diminta agar selalu menghimbau serta mengingatkan masyarakat supaya mewaspadai dan menghindari daerah yang rawan terjadinya bencana alam," harap Kompol Dahoron.

"Mengingat dalam beberapa hari terakhir ini sering terjadi hujan dengan intesitas yang cukup tinggi dan dalam waktu yang lama, sehingga dikhawatirkan terjadi peningkatan debit air sungai yang dapat mengakibatkan banjir," terangnya.

“Sinergitas TNI-POLRI dan pemerintah,  dalam hal ini  ditingkat sektoral Polsek Cilegon, Koramil Cilegon dan Kecamatan Cilegon, apa bila ada banjir akibat curah hujan tinggi yang perlu segera mendapatkan bantuan maka ditingkat sektoral sudah siap dan cepat turun ke lapangan,” tegas Kapolsek.

"Personel juga agar rutin melaksanakan kegiatan patroli di wilayah binaanya dengan memantau sungai-sungai yang ada di wilayahnya tersebut untuk deteksi dini terhadap potensi terjadinya bencana banjir," tambah Kapolsek.

"Selain memantau arus sungai, petugas Patroli juga memberikan imbauan kepada warga masyarakat terutama yang bertempat tinggal dekat dengan aliran sungai, agar selalu waspada dan berhati-hati karena banjir sewaktu-waktu bisa terjadi."  tandas Kapolsek Cilegon.

Masih ditempat yang sama Camat Cilegon Maman Herman juga menjelaskan, kita telah melaksanakan apel bersama kesiapsiagaan bencana antara Muspika dan ini agenda dadakan kita terhadap antisipasi bencana alam di wilayah kita karena banyaknya pengaduan dari masyarakat kepada kita tentang banjir, terkait ramainya informasi penculikan maupun gangguan kamtibmas lainnya

“Marilah kita lebih meningkatkan sinergitas tidak saling menungg, namun kita memiliki peralatan masing-masing maupun tenaga dari personel dan kita kombinasikan dalam mengantisipasi setiap permasalah di lingkungan kita menjadi satu kesatuan” ujarnya.

“Agar masyarakat juga ikut berperan dalam membantu menciptakan kamtibmas, bila ada permasalahan maupun yang dapat mengganggu keamanan untuk segera melaporkan kepada kami dan kami juga akan cepat bertindak,” tutup Maman. (Red/preessroom.co.id)


Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Latest News

Back to Top