-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sinergitas PWI Dengan Lapas, Erry Kalapas Cilegon: Kerajinan Tangan Warga Binaan Siap Bersaing di Pasaran Baik Kuwalitas Maupun Harga

3/31/2021 | 3/31/2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-31T03:56:59Z

 

Cilegon – Selasa, (30/30/2021) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Cilegon melakukan audiensi dengan Kalapas Kelas IIA Kota Cilegon. Dalam Audiensi dan silaturahmi tersebut PWI Cilegon langsung diterima oleh Kalapas Erry Taruna dan beserta jajarannya. Dalam pertemuan tersebut berbagai hal menarik dipaparkan Kalapas, diantaranya hasil produksi warga binaan Lapas Kelas IIA Cilegon.

"Tidak kalah bagus hasilnya dari yang lain dan siap bersaing di pasaran, baik dari kuwalitas maupun harganya," tuturnya.

Dalam diskusi yang penuh dengan kehangatan dan kekeluargaan tersebut, lebih jauh Erry menjelaskan tugas dan fungsi Lembaga Pemasyarakatan salah satunya yaitu memberikan pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terhadap narapidana. Guna mencapai tujuan Pemasyarakatan, yaitu membentuk warga binaan pemasyarakatan agar menjadi manusia seutuhnya dan memperbaiki diri, tidak mengulangi tindak pidana, sehingga dapat diterima oleh lingkungan masyarakat.

"Maka dari itu setiap warga binaan harus menjalani pembinaan dan pembekalan keterampilan selama menjalankan masa pidananya, hasil produk-produk yang diciptakan oleh warga binaan berkualitas dan bisa di pasarkan pada khalayak ramai dan masyarakat," terang Erry.

"Kita di sini banyak memiliki warga binaan yang untuk hasil produksinya dapat bersaing juga dengan pasar di luar lapas, hanya saja kita terhambat dalam masalah pengadaan bahan serta pemasaranya," imbuhnya..

Erry berharap agar nantinya dengan binaan ini diharapkan dapat memberikan bekal keterampilan bagi WBP, sehingga setelah selesai menjalani masa pidananya (bebas) diharapkan bisa menjadi bekal hidup ditengah-tengah masyarakat, bersaing dalam bursa tenaga kerja dan dapat membuka lapangan kerja sendiri sehingga dapat menekan kemungkinan mereka untuk mengulangi tindak pidana kembali.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Kota Cilegon, Adi Adam menyampaikan, bahwa pihaknya siap bersinergi dengan pihak lapas kelas IIA Cilegon dan mendorong pihak-pihak dari pemerintah maupun dari industri yang ada di Cilegon untuk membantu dalam pengadaan bahan serta proses pemasaran produk yang telah diproduksi oleh warga binaan lapas Cilegon.


"Hasil-hasil karya warga binaan lapas Cilegon ini sangat luar biasa, kita akan dorong terus Kedepanya, untuk bagai mana cara mudah dapat bahan baku dan serta pemasaranya nanti kita akan coba koordinasi dengan pihak terkait, agar bagaimana hasil karya warga binaan lapas Cilegon ini bisa dikenal khalayak ramai dan laku dipasaran," ujar Adi.

×
Berita Terbaru Update