-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jumat Barokah, Peduli dan Berbagi

3/26/2019 | 3/26/2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-03-26T04:53:34Z


Sejak Januari 2019 diluncurkan, Jumat Barokah membantu 15 ribu warga. Program ini berasal dari zakat mal anggota dan PNS Polda Banten dan jajaran Polres.


Waktu menunjukkan pukul 15.05 WIB, ketika pada Jumat (8/3), Tim Jumat Barokah Polda Banten tiba di kediaman Herman, ketua RT Kampung Cidadap, Kel Banjarsari, Kec Cipocok Jaya, Kota Serang. Ketua RT ini merasa kaget atas kedatangan Tim yang terdiri dari Kasubid Penmas Kompol Rupiadam, Kasi Binpenakta Subdit Bintibsos Ditbinmas Kompol Yuhasman, Paur Mitra Penmas Iptu Yudhiana dan staf Bidang Humas Polda  Banten.

Kemudian Kompol Rupiadam menjelaskan maksud kedatangan Tim Jumat Barokah. Herman pun merasa paham. Lantas, ia mengajak tim Polda Banten ini untuk mengunjungi Ny Sapiah, salah seorang warganya.
Tiba di rumah Ny Sapiah, suasana haru dan iba menyelimuti anggota Tim Jumat Barokah  Polda Banten. Nenek berusia 100 tahun ini harus hidup sebatang kara di usia senja dengan kondisi fisik sakit-sakitan.
Nenek Piah tidak menyangka akan kedatangan beberapa perwira polisi dari Polda Banten ini untuk menjenguknya. Rasa gembira terpancar dari matanya yang berkaca-kaca.

Ketika Kompol Rupiadam menyerahkan bingkisan, Nenek Sapiah tak dapat menyembunyikan rasa kegembiraanya. Ia berujar, baru kali ini dikunjungi polisi dan diberi bantuan. “Semoga polisi makin maju,” tuturnya terbata-bata sambil menangis.
Atas bantuan yang diberikan terhadap warganya ini, Ketua RT Kampung Cidadap tak lupa mengahaturkan penghargaan kepada Tim Jumat Barokah Polda Banten. “Ucapan terima kasih dan penghargaan ini kami sampaikan kepada Polri, khususnya Polda Banten, atas bantuan yang diberikan kepada warga kami,” tegasnya.

Dan pada Senin (18/3), Polda Banten dan Polres jajaran kembali mendistribusikan paket sembako hasil pengumpulan zakat, infak dan sedekah kepada mereka yang berhak di berbagai lokasi di wilayah hukum Polres Serang. Pemberian bantuan ini difokuskan kepada kepala keluarga yang usianya di atas 55 tahun.

Diantaranya Ny Kawinah di Kebayang, Katulisan, Cikesal, Ny Juhedi di Ngenep, Kedungenep, Petir, Ny Marhanah di Sadanta, Katulisan, Cikesal, Ny Nursati di Panggil intan, Petir, Ny Tiyah di Kebayan, Katulisan, Cikesal,  Ny Sartinah di Panggulingan, Petir,  Muhid di masjid lingkungan Tenara, M Amir di Bungawan, Citerep, Ciruas dan Ny Supiah di Kadubuntung, Silebu, Kragilan.
Jumat Barokah dan bantuan sembako merupakan program unggulan yang digagas Kapolda Banten Irjen Pol Drs Tomsi Tohir melalui Surat Edaran Nomor SE/02/01/bln1.1/2019 tanggal 15 Januari 2019 tentang Himbauan Menunaikan Zakat Pendapatan bagi Anggota dan PNS Polda Banten. Hal ini sejalan dengan visi dan misi pimpinan Polri dalam mendukung program pemerintah, sebagaimana mengacu berdasarkan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 52 tahun 2014 tentang Cara dan Syarat Perhitungan Zakat Mal, Zakat Fitrah serta Pendayagunaan Zakat untuk Usaha Produktif.

Sejak Januari 2019 diluncurkan, kata Kabid Humas Poldan Banten AKBP Edy Sumardi SIk, Jumat Barokah dan bantuan sembako kepada masyarakat telah membantu lebih dari 15 ribu warga di wilayah hukum Polda Banten. “Tidak hanya di tingkat Polda Banten saja dilaksanakan. Jumat Barokah dan pembagian sembako juga dilakukan oleh Polres jajaran dan Polsek,” katanya.

AKBP Edy Sumardi Sik menjelaskan, bantuan yang diberikan kepada masyarakat melalui program Jumat Barokah berasal dari zakat mal dari anggota dan PNS Polda Banten, Polres jajaran dan Polsek, yang beragama Islam. “Hal ini sejalan dengan program pemerintah untuk menggalakkan zakat penghasilan, demi peduli dan berbagi terhadap mereka yang kurang mampu,” terang AKBP Edy Sumardi Sik.



Melalui Jumat Barokah, lanjut Kabid Humas Polda Banten ini, pihaknya dapat meringankan beban masyarakat, sehingga mereka dapat terhibur. Dan, Polri memberikannya dengan terjun langsung di tengah-tengah masyarakat, sebagai wujud keberadaan dan kehadiran Polri bersama masyarakat. “Karena kami merasa, bahwa Polri adalah bagian dari masyarakat. Dan kami berharap, program ini dapat menjadi contoh, sehingga diikuti elemen masyarakat lain,” ujarnya.

Selain itu, tambah Kabid Humas Polda Banten ini, program yang dicanangkan ini merupakan wujud pendekatan Polri ke masyarakat untuk bisa bersilahturahmi dan mendapatkan informasi terkait Kamtibmas. "Mudah-mudahan dengan bantuan yang kami berikan, dapat bermanfaat dan membantu mencukupi kebutuhan keluarga yang menerima. Amin," tutur AKBP Edy Sumardi Priadinata. (adam/king)
×
Berita Terbaru Update